Thursday, November 12, 2020

Langkah Web Check In Batik Air: Memilih dan Mengganti Tempat Duduk

Ohisashiburi Mina san, lama tidak menulis, karena kesibukan sebagai bapak. hehe Kali ini saya mau berbagi cerita tentang pengalaman melakukan “Web Check In” maskapai Batik Air. Liburan Idul Adha 2017 kemarin saya dan keluarga (anak istri) pergi kondangan ke Surabaya. 

Saat penerbangan pulang, kami menggunakan maskapai Batik Air. Alasan memilih Batik Air adalah karena maskapai ini memiliki kelas ekonomi yang harganya terjangkau, namun fasilitasnya cukup baik, salah satunya mendapatkan snack. 

Gambar dari: www.wigatos.com

Terlebih lagi jarak tempat duduk dengan sandaran kursi depan cukup luas, jadi kalau sambil memangku si kecil tidak sempit, cukup lega. Pada saat perjalanan menuju Juanda Airport, saya mencoba melakukan web check in. 

Untuk apa Web Check In? ya salah satu atau mungkin satu-satunya alasan adalah memastikan tempat duduk tidak terpisah. 

Bagi yang pergi sendiri memastikan tempat duduknya yang ter-strategis, hehe. 

Nah, langkah pertama yang harus dilakukan, dengan ; Masuk ke website Batik Air di http://www.batikair.com. 

Mengakses website ini bisa dilakukan dengan PC maupun smartphone. Setelah masuk ke website tersebut, akan muncul layar Home seperti ini; IMG_20170903_190550

Kemudian, 2. Pilih konten “Web Check-In” lalu akan muncul tampilan seperti ini; IMG_20170903_190540 Nah, pada dua kolom di Seacrh for Your Itinerary tersebut terdapat dua kolom yang harus diisi. 

Kolom sebelah kiri (confirmation #) masukan kode. Kode yang dimasukkan bukanlah kode booking, tapi Interline Reference. Kode ini telah tercetak pada saat kita mencetak bukti pemesanan tiket. Waktu itu saya melakukan pemesanan tiket melalui Tiket.com. Nah, kita lihat kode dibawah ini, IMG_20170903_190626Kode inilah yang harus dimasukan ke kolom Pertama (Confirmation # ). Pada kolom kedua (last name) sebelah kanan, masukan last name penumpang 1 (contoh: saya memasukkan nama “Atmaja”). Screenshot_2017-09-03-19-07-28-61 

Jika sudah selesai memasukan kode Interline Reference dan Last Name , tinggal klik Search, lalu akan muncul jadwal penerbangan anda. Akan ada pertanyaan apakah anda membawa barang-barang seperti senjata tajam, 

Mudah Meledak, dan lain-lain, silahkan anda pilih jawaban “No, continue to check in” jika memang anda tidak membawa barang-barang di atas. Lalu, anda sudah bisa melakukan, 3. Memilih tempat duduk. Pilih tempat duduk yang anda kehendaki. Jangan lupa untuk meminta dikirimkan via email atau print “Boarding Pass” anda. Selesai. 

Tapi kemarin sempat ada kesalahan teknis, ternyata setelah saya mendapatkan Boarding Pass melalui email, tertera tempat duduk yang terpisah dengan istri saya. Hal ini terjadi karena saya sempat pindah dua kali saat memilih, hehe. 

 Lalu, Bagaimana Merubah Tempat Duduk setelah Check In pada maskapai Batik Air? Ini contoh kesalahan teknis yang terjadi, IMG_20170903_192827IMG_20170903_192902 Tuh kan, saya di ujung mana, istri saya di ujung mana, repot kan kalau si kecil rewel, harus ada saya sebagai helper istri, hehe. 

Tapi saya tidak panik karena ada cara untuk menyatukan kami berdua, ciyeee Yang bisa anda lakukan untuk berpindah lagi tempat duduknya, supaya bisa bersatu kembali seperti saya dan istri, anda tetap harus melakukan check in secara manual ketika di Bandara. Serahkan lembar bukti pemesanan tiket, dan sampaikan ke petugas bahwa anda sudah melakukan web check in pesawat namun pada boarding pass terpisah. 

Waktu saya mengatakan itu, petugasnya langsung bertanya “Apakah bapak ingin tempat duduknya disatukan?” saya jawab “Ya”. Daaaannn, taraaaa kami bisa bersatu lagi di tempat duduk yang bersebelahan. 

Begitu caranya guys.. Nih liat, IMG_20170903_194651 Oh ya, meskipun kita telah melakukan web check in, tetap harus melakukan check in secara manual di bandara yang guys. 

Oh ya satu lagi terakhir, tidak semua bukti pemesanan tiket terdapat Interline Reference, jadi anda harus menghubungi call center maskapai yang digunakan untuk meminta kode Interline reference tersebut, jangan lupa siapkan kode bookingnya yaa.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home